Selasa, 05 Juli 2016

BUKU SEJARAH SILIWANGI DAN BIOGRAFI TOKOH SILIWANGI : JENDERAL TNI (PURN) UMAR WIRAHADIKUSUMAH.

BUKU SEJARAH SILIWANGI DAN BIOGRAFI TOKOH/SESEPUH SILIWANGI, MANTAN PANGDAM V/JAYA, PANGKOSTRAD, KASAD, KETUA BADAN PEMERIKSA KEUANGAN & WAKIL PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA, JENDERAL TNI (PURN) UMAR WIRAHADIKUSUMAH, " MENEGAKKAN KEBENARAN DALAM DIAM ", KARYA HERRY GENDUT JANARTO.










Jenderal TNI (Purn) Umar Wirahadikusumah adalah seorang tokoh militer dan sesepuh SILIWANGI, beliau juga merupakan tokoh berdarah Menak (Bangsawan) Tanah Sunda. 
Beliau adalah tokoh yang turut memegang peranan penting dalam penentuan arah perjalanan sejarah Bangsa Indonesia, karena beliau terlibat aktif dalam penumpasan 2 (dua) peristiwa berdarah yang dilakukan kaum Komunis, yaitu penumpasan Pemberontakan PKI Madiun 1948 pimpinan Musso dan menjadi salah satu " PALANG PINTU " penghalang dan penumpas Pemberontakan G30S/PKI 1965.


BERIKUT ADALAH KISAH HIDUP DAN PERJUANGAN SINGKAT JENDERAL TNI UMAR WIRAHADIKUSUMAH :

**- Dilahirkan dari pasangan Raden Rangga Wirahadikusumah (Wedana Cibatu, Garut) dan Nyi Raden Lesmana Ratnaningrum (Anak Patih Bandung Timur) , pada tanggal 10 Oktober 1924.
**- Pendidikannya diperoleh di ELS (Europeesche Lagere School/SD) di Cicalengka, MULO/SMP di Ciawi, Tasikmalaya.
**- Semasa penjajahan Jepang mengikuti pendidikan Seinendojo di Dago, Bandung dan Tangerang lalu dilanjutkan dengan pendidikan tentara PETA di Bogor.
- Segera setelah Proklamasi 17 Agustus 1945 beliau bergabung dengan BKR,  dan langsung bertugas di Divisi Siliwangi, beliau sempat menjadi Ajudan Kolonel A.H. Nasution, Panglima Divisi III/Siliwangi. Selama bertugas di Divisi Siliwangi beliau lebih banyak bertugas dalam operasi-operasi militer penumpasan Pemberontakan, seperti DI/TII Kartosuwiryo, PKI Madiun /Muso (Semasa Long March Siliwangi), PRRI di Sumatera Utara dan Gerombolan Liar Pengganggu Keamanan lainnya.
**- Pada 31 Januari 1959, Letkol Umar Wirahadikusumah diangkat sebagai Komandan Komando Militer Kota Besar Djakarta Raja (KMKB -DR), yang kemudian menjadi KODAM V Jaya dan saat bertugas sebagai PANGDAM V Jaya inilah beliau mengemban tanggung jawab yang sangat besar, disamping harus menghadapi gangguan keamanan yang masih sangat sering terjadi di sekitar Jakarta, beliau juga harus bertanggung jawab atas keamanan berbagai proyek besar yang saat itu sedang giat-giatnya dilakukan atas perintah Bung Karno (SERING DISEBUT PROYEK MERCUSUAR), seperti : Monumen Nasional (MONAS), yang puncak api berlapis emasnya sempat disimpan di Markas KODAM V/Jaya, Pembangunan Gelora Senayan, Mesjid Istiqlal, Hotel Indonesia dan Jakarta By Pass (Sekarang Jl. Jend. A. Yani).
Pada saat itulah hubungan beliau dengan Bung Karno menjadi dekat, bahkan beliau acap kali diminta untuk menemani Bung Karno ke Jatinegara jika sedang WAKUNCAR ke rumah Yurike Sanger.
**- Pada saat terjadi peristiwa berdarah Pemberontakan G30S/PKI 1965, sebagai PANGDAM V/Jaya dan Penguasa Pelaksana Perang Daerah (PEPELRADA), beliau memainkan peranan penting dan bertindak cepat bersama Pangkostrad Mayjen Soeharto (Kelak menjadi Presiden RI ke-2) menjadi " PALANG PINTU ", untuk menghalangi dan menghancurkan kekuatan PKI di Ibukota. Saat itu pasukan yang bisa digerakkan Pak Harto dengan cepat hanyalah 1 Batalyon RPKAD, Batalyon 328 / Kujang II dan Pasukan dari Kodam V/Jaya yang sebagian juga terlibat dalam G30S/PKI tersebut, yaitu Kol. Abdul Latief, Komandan Brigif I KODAM V/Jaya, namun berkat kesigapan beliau, unsur-unsur PKI di KODAM V/Jaya berhasil dinetralisir dan pasukan yang tidak terlibat dapat segera dikonsolidasikan dalam operasi penumpasan gerakan PKI.
Saat itu sebagian besar pasukan tempur seperti KOSTRAD dan RPKAD sedang berada di perbatasan dalam rangka Operasi DWIKORA (KONFRONTASI dengan Malaysia). 
**- Tanggal 2 Desember 1965, beliau diangkat menjadi PANGKOSTRAD, setelah itu pada tanggal 4 Desember 1969 dipercaya untuk menjabat sebagai KASAD.
**- Tanggal 10 Agustus 1973 diangkat sebagai Ketua BPK selama 2 (dua) periode sampai tahun 1983, setelah itu pada tanggal 11 Maret 1983 diangkat sebagai Wakil Presiden RI ke 4 hingga 11 Maret 1988.


BUKU INI HARUS DIBACA OLEH PARA PENGGEMAR BUKU-BUKU SEJARAH, KARENA DI DALAMNYA AKAN DITEMUKAN HAL-HAL YANG MUNGKIN BELUM DIKETAHUI DARI BUKU LAIN, MISALNYA :
- Pak Umar pernah menyatakan keprihatinannya kepada Pak Harto tentang Penembakan Misterius (PETRUS).
- Sikap dingin Pak Harto setelah Pak Umar menyinggung tentang bisnis anak-anak Pak Harto.
- Dan masih banyak lagi hal-hal lain dalam kehidupan beliau yang dapat dijadikan sebagai teladan. 


MENGENAI PERANANNYA DALAM SEJARAH SILIWANGI, RASANYA TAK PERLU DIRAGUKAN LAGI, KARENA HAMPIR SEPARUH HIDUPNYA BELIAU BERTUGAS DI SATUAN MILITER LEGENDARIS TERSEBUT, BEBERAPA JABATAN YANG PERNAH DIEMBANNYA DI DIVISI SILIWANGI, ANTARA LAIN :
- Komandan Pertama BKR / TKR / TRI / TNI Cicalengka.


- Saat Divisi Siliwangi terbentuk pada tanggal 20 Mei 1946, Kapten Umar diangkat sebagai Wakil Kepala Staf Operasi Resimen XI / Tasikmalaya. Saat itu Umar mendapatkan tugas menumpas " Golongan Merah " di Daerah Pekalongan, Tegal dan Brebes dan Gerombolan DI-TII di Malangbong.


- Awal tahun 1947, Kapten Umar diangkat sebagai ajudan Panglima Divisi III/Siliwangi, Kolonel A.H. Nasution.


- Beliau juga sempat menjabat sebagai Direktur Latihan Perwira di Garut, Komandan Batalyon I Cirebon dan komandan Sub Wehr Kreise II di Kuningan.


- Saat Hijrah Siliwangi, Kapten Umar sudah memimpin Batalyon sendiri yang memakai namanya, yaotu Yon Umar Wirahadikusumah di bawah komando Brigade 13.

- Saat pemberontakan PKI Madiun 1948, Kapten Umar dan segenap Batalyon dalam Divisi Siliwangi turut serta dalam operasi penumpasan PKI tersebut dan beliau sempat diangkat sebagai Kepala Pemerintahan Militer di Magetan.

- Menjelang Long March Siliwangi  (Kembali ke Jawa Barat), Umar dipercaya menjadi Komandan " Commando Troop " Staf Divisi Siliwangi dengan tugas mengawal dan mengamankan segenap Staf Divisi Siliwangi. Saat Long March itulah Siliwangi kembali harus menghadapi Agresi Militer II Belanda dan Gerombolan DI-TII Kartosuwiryo.

- Tahun 1950, Mayor umar menjabat sebagai Komandan Komando Militer Kota (KMK) Cirebon, kemudian berturut-turut maenjabat ; Ketua Komisi Screening, Kepala Staf Urusan Ex KNIL, Kepala Seksi II Operasi Divsi Siliwangi, kemudian Kepala Staf Brigade C di Cirebon dan Komandan Resimen XI Komando Operasi Sektor A i di Garut.

- Selanjutnya Umar menjadi Inspektur Jenderal Territorium III (Jawa Barat) kemudian ditunjuk sebagi Kepala Staf Operasi Territorium II sampai tahun 1956. Karirnya kemudian meningkat lagi menjadi Komandan Resimen X Divisi Siliwangi yang meliputi Kabupaten Bandung, Garut dan Sumedang dan pangkatnya dinaikkan menjadi Letnan Kolonel / Overste.

- Saat terjadi pergolakan di Sumatera dan Sulwesi (PRRI/PERMESTA), Umar ditunjuk sebagai Komandan Resimen Team Pertempuran (RTP) 01 Divisi Siliwangi untuk bertugas di Sumatera menumpas PRRI, dengan membawahi beberapa Batalyon Kujang, saat itu beliau membawahi Batalyon 309 pimpinan Kapten Sayidiman Suryohadiprojo, Batalyon 330, Batalyon 328/Kujang II, Batalyon 325 dan Batalyon Gabungan Galuh.

- Saat tugas di Jawa Barat menumpas DI-TII dapat diselesaikan, Umar sudah ditugaskan ke Suimatera dan lagi-lagi, beliau dipanggil KASAD Mayor Jenderal A.H. Nasution untuk menerima jabatan yang lebih berat, yaitu Komandan Komando Militer Kota Besar Djakarta Raya (KMKB-DR).

S P E S I F I K A S I :
- Buku bekas.
- Hard Cover berjaket.
- MASIH BAGUS.
- Halaman lengkap.
- Dilengkapi dengan foto.
- Penerbit Pustaka Kayutangan.
- Cetakan kedua, Januari 2006.
- 283 halaman.
- ukuran 16 x 24 cm.


HARGA @ Rp 300.000,-- (FIX), BELUM TERMASUK ONGKOS KIRIM.

UNTUK INFO LEBIH LANJUT SILAHKAN MENGHUBUNGI TREEHOUSE KULAMA 081586008604 (SMS / WA / LINE).

UNTUK MELIHAT KOLEKSI KAMI YANG LEBIH LENGKAP, SILAHKAN MENG "KLIK " SITUS-SITUS BERIKUT INI :

www.bukusejarah.com 
www.bukukoleksi.com 
www.bukujadul.com 
bukusejarahdanbiografi.blogspot.co.id 
bukumajalahjadul.blogspot.co.id 
bukug30spki1965.blogspot.co.id 
bukusejarahg30s.blogspot.co.id 
bukubudayajawa.blogspot.co.id 
bukubonsai.blogspot.co.id  
bukusastrapopuler.blogspot.co.id 
bukusiliwangi.blogspot.co.id 
integrasitimortimur.blogspot.co.id 
jualbukupenting.blogspot.co.id 
sepatukudabekas.blogspot.co.id
pasukankomando.blogspot.co.id

MAAF, KAMI TIDAK MELAYANI TRANSAKSI SECARA COD.