Minggu, 03 Juli 2016

G.H. MANTIK, PROFIL SEORANG PEJUANG PRAJURIT (TOKOH SILIWANGI).

BUKU SEJARAH SILIWANGI DAN BIOGRAFI TOKOH SILIWANGI, MANTAN PANGDAM /JAYA DAN MANTAN GUBERNUR SULAWESI UTARA, LETJEN TNI (PURN) GUSTAAF HENDRIK MANTIK., " G.H. MANTIK - PROFIL SEORANG PEJUANG PRAJURIT ", KARYA ROELOF A.J. GOSAL, CHARLES R. TUMEMBOW DAN HERMAN KARAMOY.







Divisi Siliwangi adalah satuan militer yang memiliki sejarah sangat panjang dan sarat dengan nilai-nilai perjuangan. Siliwangi nyaris tampil di berbagai kancah perjuangan, apakah itu dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan (Catatan Sejarah Yang Paling Terkenal Adalah : - Peristiwa Bandung Lautan Api, -  Hijrah Siliwangi Ke Jawa Tengah dan  - Long March Siliwangi Dari Jawa tengah Kembali Ke Jawa Barat). Ataupun saat tampil sebagai prajurit pejuang dalam rangka menegakkan kedaulatan NKRI dari rongrongan para pembangkang di berbagai penjuru Indonesia. Bahkan beberapa kali turut serta dalam misi-misi perdamaian di luar negeri.
Semua itu sepak terjang dan pengabdian Divisi Siliwangi membawanya menjadi salah satu Satuan Militer Yang Melegenda dan disegani, terlebih lagi, sangat banyak perwira-perwira Siliwangi yang di kemudian hari memegang berbagai jabatan penting , baik jabatan militer maupun jabatan sipil.

Lebih dari semua itu, adatak boleh dilupakan, kalau kita perhatikan Siliwangi yang merupakan pasukan asli daerah Jawa Barat, ternyata sejak masa lalu sudah sangat moderat dan sangat mencerminkan semangat Bhinneka Tunggal Ika, bayangkan para prajurit yang sebagian besar anggotanya adalah berasal dari suku Sunda, ternyata dapat dengan sangat terbuka dan loyal terhadap pimpinan mereka, tercatat beberapa tokoh penting dalam jajaran Siliwangi antara lain :
- Jenderal. A.H. Nasution, yang berasal dari Sumatera Utara.
- Kol. A.E. Kawilarang, yang berasal dari Minahasa.
- Mayjen A.J. Witono , yang berasal dari Yogyakarta dan seorang Katolik.
- Letjen TNI (Purn) Himawan Soetanto, yang berasal dari Jawa Timur.
- Belum lagi perwira-perwira lainnya seperti H.G. Rorimpandey.

Khusus untuk buku ini menampilkan tokoh Letjen TNI (Purn) G.H. Mantik, beliau adalah seorang mantan Laskar pejuang berdarah Kawanua, terpelajar dan kental dengan latar belakang pendidikan Belanda, tapi ia justru tampil gigih di medan tempur menentang penjajah Belanda. Mantik yang Manado lebih populer di Bumi Siliwangi, karena Jawa Barat adalah tempat dimana ia dilahirkan, serta basis perjuangannya, sehingga ia akrab dengan yang bernuansa Sunda.

Awal perjuangan G.H. Mantik adalah saat bergabung dengan Laskar Kebaktian Rakyat Indonesia Sulawesi (KRIS) daerah Bandung dan bersama dengan berbagai Laskar, Kesatuan lain dan BKR, mereka bahu membahu mengadakan berbagai serangan dan perlawanan terhadap Belanda.
Selanjutnya pemerintah membentuk BKR - TKR - TRI di berbagai daerah, termasuk Jawa Barat, dan berbagai Laskar dan Kesatuan Perjuangan di Jawa Barat berada dalam komando Panglima Divisi III Komandemen I TKR Jawa Barat. G.H. Mantik turut mengalami peristiwa Bandung Lautan Api, 
Setelah proses reorganisasi disususn Mantik ditunjuk sebagai Komandan Peleton dalam kesatuan Batalyon Siluman yang dipimpin oleh Dan Yon III Ahmad Wiranatakusumah.
Saat Divisi Siliwangi harus melaksanakan Hijrah, Mantik menjabat Komandan Seksi Det I Stoottroep Garuda Res X dan beliau Hijrah melalui laut dengan menumpang Kapal LST. Pelikan dan mendarat di Rembang, Jawa Tengah untuk kemudian bergerak ke Solo dan Yogyakarta. 
Saat terjadi peristiwa pemberontakan PKI Madiun 1948, pimpinan Muso, Mantikpun ikut serta dalam penumpasan tersebut. Selesai penumpasan di saat kondisi pasukan sedang lemah, Belanda melancarkan Agresi Militernya yang kedua pada tanggal 19 Desember 1948, saat Agresi dilancarkan Divisi siliwangi sedang melaksanakan konsilidasi untuk mempersiapkan Long March kembali ke Jawa Barat.

Saat pelaksanaan Long March, G.H. Mantik bersama Brigade 12 mendapat tugas untuk menuju Bandung Selatan  dengan berjalan kaki, selama Long March seluruh Divisi Siliwangi bukan saja harus menghadapi serdadu-serdadu kolonial Belanda, tapi juga mantan teman seperjuangan yang telah menjadi lawan, yaitu gerombolan DI/TII Kartosuwiryo, namun kegigihan Divisi siliwangi mampu mengatasi semua itu, hingga akhirnya Long March yang sangat legendaris itu berhasil terlaksana.

Setelah berlakunya Penghentian Tembak Menembak (Cease-Fire Order) sebagai hasil Persetujuan Roem - Rooyen, maka Siliwangi melaksanakan konsolidasi sbb :

** Jawa Barat dipimpin oleh Gubernur Militer Kolonel Sadikin
** Federale District Jakarta dipimpin oleh Gubernur Militer Letkol Daan Jahja, dengan kekuatan :
- Yon 307/ Kalahitam.
- Yon kilat.
- Yon 317 / Banteng Taruna.
- Yon 322 / Siluman Merah.
Dan Kompi G.H. Mantik ditempatkan pada Pasukan Batalyon 322 Siluman Merah yang dipimpin oleh Kapten H.R. Dharsono (Kelak menjadi Pangdam VI Siliwangi dan Sekjen ASEAN dan Tokoh Petisi '50).

Selanjutnya dalam rangka penumpasan Republik Maluku Selatan (RMS), G.H. Mantik bertugas di bawah Batalyon 324/Siliwangi pimpinan Mayor Achmad Wiranatakusumah. selesai penumpasan RMS, G.H. Mantik dipercaya untuk menjadi Komandan Batalyon 324 / 3 Mei.

Dalam perkembangan selanjutnya G.H. Mantik banyak bertugas dalam jajaran KODAM V/Jaya, hingga mencapai jabatan Pangdam V/Jaya, setelah sebelumnya menjabat Pangdam IX/Mulawarman.
Saat menjabat Pangdam V/Jaya inilah terjadi peristiwa Mala Petaka 15 Januari 1974 (MALARI).
Selanjutnya beliau dipercaya untuk menjabat sebagai Panglima Komando Wilayah Pertahanan / Pangkowilhan I/ Sumatera dan Kalimantan Barat, setelah itu beliau menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Utara, Wakil Ketua MPR-RI dan Wakil Ketua DPA. 

Catatan :
Letjen TNI (Purn) G.H. Mantik adalah Ayah Mertua dari Mantan Ka Bakin Letjen TNI Arie J. Kumaat dan Ayah Angkat dari Mantan Wakasad Letjen TNI (Purn) Kiki Syahnakri.

S P E S I F I K A S I  :
- Buku bekas.
- Soft cover.
- Masih bagus.
- Halaman lengkap.
- Dilengkapi dengan foto.
- Penerbit PT. Terang Esa Agung.
- CETAKAN PERTAMA, 1998.
- 128 halaman.
- Ukuran 15 x 21 cm.

HARGA Rp 375.000,-- (FIX), BELUM TERMASUK ONGKOS KIRIM.

UNTUK INFO LEBIH LANJUT SILAHKAN MENGHUBUNGI TREEHOUSE KULAMA 081586008604 (SMS / WA / LINE).

UNTUK MELIHAT KOLEKSI KAMI YANG LEBIH LENGKAP, SILAHKAN MENG "KLIK " SITUS-SITUS BERIKUT INI :

www.bukusejarah.com 
www.bukukoleksi.com 
www.bukujadul.com 
bukusejarahdanbiografi.blogspot.co.id 
bukumajalahjadul.blogspot.co.id 
bukug30spki1965.blogspot.co.id 
bukusejarahg30s.blogspot.co.id 
bukubudayajawa.blogspot.co.id 
bukubonsai.blogspot.co.id  
bukusastrapopuler.blogspot.co.id 
bukusiliwangi.blogspot.co.id 
integrasitimortimur.blogspot.co.id 
jualbukupenting.blogspot.co.id 
sepatukudabekas.blogspot.co.id
pasukankomando.blogspot.co.id

MAAF, KAMI TIDAK MELAYANI TRANSAKSI SECARA COD.